15 Agustus 2014

Pojok PROBI GAMA 2014



DEBAT ILMIAH
  SENAT MAHASISWA FAKULTAS MIPA tahun 2014


LATAR BELAKANG
            Perguruan tinggi merupakan salah satu jenjang pendidikan yang akan seseorang setelah dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA/Sederajat. Pada jenjang ini, peserta didik dinyatakan sebagai pembelajar dewasa sehingga dalam proses belajar mengajar terdapat sedikit perbedaan dengan jenjang SMA/Sederajat. Salah satu perbedaannya adalah pada saat kita berusaha mengemukakan pendapat. Ada kalanya, pada saat pengambilan sebuah keputusan, kita dihadapkan pada adanya perbedaan pendapat dari sekian banyak orang. Pada kondisi ini, seseorang akan mempertahankan pendapat yang dianggapnya terbaik untuk sebuah keputusan. Namun, sering kali pendapat tersebut tidak didukung dengan alasan dan bukti yang jelas. Pada jejang perguruan tinggi, pendapat dikatakan baik apabila pendapat tersebut didukung dengan alasan yang masuk akal, relevan, dan merupakan sebuah fakta yang authentik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Atas dasar permasalahan itu, maka Senat Mahasiswa Fakultas MIPA melalui Panitia Progam Bina Ganesha Muda (PROBIGAMA) SMF MIPA tahun 2014 mengadakan kegiatan Lomba Debat Ilmiah SMF MIPA tahun 2014. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana bagi mahasiswa baru sebagai calon pelajar yang dewasa untuk melatih keterampilannya dalam mengemukakan pendapat yang baik.


TATA CARA PERLOMBAAN
1. Sistem Perlombaan
1.      Sistem Lomba Debat SMF MIPA 2014 ini dilakukan antar 2 (dua) tim
2.      Satu tim terdiri dari 3 orang anggota tim
3.      2 (dua) tim yang berhadapan ini terdiri dari ”affirmative team” (the positive team) dan “opponent team” (the negative team).
4.      Pembicara I, II, III baik dari tim positif ataupun tim negatif mendapatkan kesempatan mengemukakan pendapatnya masing-masing 2 menit.
5.      Pembicara dari sisi affirmative harus mempertahankan pendapat bahwa mereka mendukung subtansi topik yang sudah ditentukan.
6.      Tim Opponent harus memberi sanggahan terhadap pendapat yang dikemukakan oleh Tim Affirmative.
7.      Debat diakhiri dengan penyampaian rangkuman terhadap pendapat yang sudah disampaikan oleh timnya maupun tim lawan, dengan waktu 3 menit oleh pembicara penutup (Replay Speaker).
8.      Bahasa yang digunakan dalam lomba debat ini adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak menyinggung unsur SARA.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar